\

Pemkot Tangerang Resmikan Galeri UMKM Kota Tangerang Di Hotel Golden Tulip Essential Tangerang

Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam meningkatkan pemasaran produk UMKM lebih luas lagi terus dibuktikan. Tak hanya melalui pembinaan serta pemasaran lewat bazar-bazar yang telah dilakukan. Kini UMKM kian eksis memasarkan produknya di hotel-hotel ternama di Kota Tangerang. Hal itu dibuktikan dengan adanya acara launching galeri UMKM di Hotel Golden Tulip Essential Tangerang, Jumat (10/11/2023).


Galeri UMKM tersebut diresmikan langsung oleh Waki Wali Kota Tangerang, Sachrudin, yang didampingi pula Direktur Utama PT. Buana Sabas Fatah, Rahmat Kuncoro, General Manager Hotel Golden Tulip Essential Tangerang, Angel Sugandhi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Rizal Ridolloh, Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM Disperindagkop UKM Kota Tangerang, Dewi Tritunyati Amperawati, serta Ketua UMKM Tangerang Raya, Azdin Akbar, yang disaksikan langsung oleh para pelaku UMKM Kota Tangerang yang datang.


“Berdasarkan Peraturan Wali Kota Tangerang Nomor 7 Tahun 2022, Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Usaha Mikro. Kami bersama Disbudpar Kota Tangerang juga menggandeng UMKM Tangerang Raya dalam memberikan fasilitas bagi produk-produk UMKM untuk dapat dipasarkan di setiap hotel di Kota Tangerang. Untuk itu, hari ini diresmikan galeri UMKM di Hotel Golden Tulip Essential Tangerang,” tutur Dewi.


Ia pun mengatakan bahwa Hotel Golden Tulip Essential dipilih menjadi lokasi gerai UMKM karena menjadi lokasi yang cocok untuk memasarkan produk UMKM dikenal oleh wisatawan luar. Dimana Hotel Golden Tulip Essential sendiri menjadi salah satu hotel yang ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah.


Tak hanya itu, Ketua UMKM Tangerang Raya, Azdin Akbar, mengungkapkan proses kurasi UMKM yang dipilih untuk berada di Galeri UMKM Hotel Golden Tulip Essential Tangerang ini memakan proses yang panjang selama hampir dua bulan. Dimana dari 70 UMKM yang masuk, sebanyak 50 UMKM yang berhasil ke tahap presentasi produk. Setlah itu, pihak hotel memutuskan hanya 33 UMKM dari empat kecamatan saja yang lolos.


“Tentunya tak hanya berhenti di Hotel Golden Tulip Essential Tangerang, selanjutnya kami rencananya akan menjalin kerjasama dengan Hotel Horison Ciledug, Kota Tangerang. Dan sebelumnya pun UMKM Kota Tangerang sudah mejeng di Hotel Mercure Cikokol. Harapannya tak hanya mengenalkan produk UMKM secara luas, namun juga memudahkan wisatawan untuk berbelanja produk khas Kota Tangerang di hotel yang mereka kunjungi,” ungkap Azdin.


Sementara itu, General Manager Hotel Golden Tulip Essential Tangerang, Angel Sugandhi, mengaku senang bisa turut serta membantu memasarkan produk lokal khas Kota Tangerang. Tentunya hal ini juga sebagai upaya dalam memudahkan tamu atau wisatawan yang menginap di Hotel Golden Tulip Essential yang ingin membeli oleh-oleh khas Kota Tangerang di galeri hotel.


“Tentunya selain telah di proses kurasi oleh management UMKM Tangerang Raya, kami juga memiliki beberapa standar pemilihan produk apa saja yang layak ada di galeri kami. Seperti produk batik yang tak hanya berbahan kualitas premium, namun juga batiknya pun harus khas Kota Tangerang. Sedangkan untuk produk makanan harus memiliki packaging menarik dan rasanya enak,” ujar Angel. (dsw)


Sumber Berita : https://tangerangkota.go.id/berita/detail/38757/pemkot-tangerang-resmikan-galeri-umkm-kota-tangerang-di-hotel-golden-tulip-essential-tangerang