\

Nilai Transaksi Ekspor Kota Tangerang: Stabil Setiap Tahunnya!

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang terus berupaya menjaga kestabilan nilai transaksi ekspor di Kota Tangerang. Tercatat, nilai transaksi ekspor di Kota Tangerang berjalan sangat stabil, bahkan mencapai 2,70 miliar dolar pada tahun 2022.


Kepala Disperindagkop UKM Kota Tangerang, Suli Rosadi menuturkan, kestabilan nilai transaksi ekspor merupakan salah satu indikator dalam menilai kemajuan perekonomian di suatu daerah, termasuk di Kota Tangerang. Berdasarkan data yang diolah pada sistem ska.kemendag.go.id Kementerian Perdagangan RI menunjukkan kestabilan nilai transaksi ekspor di Kota Tangerang pada setiap tahunnya, mulai pada tahun 2016 sebesar 1,69 miliar dolar, 2017 sebesar 1,88 miliar dolar, 2018 sebesar 2,74 miliar dolar, 2019 sebesar 2,87 miliar dolar, 2020 sebesar 2,51 miliar dolar, 2021 sebesar 3,05 miliar dolar, dan 2022 sebesar 2,70 miliar dolar.


“Berdasarkan data tersebut terlihat jelas perekonomian di Kota Tangerang dalam keadaan yang sangat baik. Setiap tahunnya, Kota Tangerang tetap memberikan nilai transaksi dalam jumlah yang sangat besar bahkan tercatat relatif stabil di setiap tahunnya,” ujar Kepala Disperindagkop UKM Kota Tangerang, Suli Rosadi, Jumat, (20/10/23).


Ia melanjutkan, perkembangan perekonomian di Kota Tangerang yang semakin baik ini dipengaruhi oleh perkembangan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Tangerang yang semakin kuat. Banyaknya pertumbuhan IKM di Kota Tangerang ini sangat berpengaruh terhadap penciptaan lapangan kerja serta semakin meningkatkan produk-produk IKM di Kota Tangerang yang menembus pasar internasional.


“IKM di Kota Tangerang semakin tumbuh dengan pesat, tidak hanya soal kuantitas yang ada melainkan kualitas produk yang dihasilkan. Saat ini, tulang punggung baru perekonomian Kota Tangerang tersebut berjumlah 4.288 IKM yang tercatat oleh Disperindagkop UKM Kota Tangerang,” tambahnya.


Selain itu, Disperindagkop UKM Kota Tangerang juga terus berkontribusi dalam mendorong peningkatan nilai transaksi ekspor di Kota Tangerang. Salah satunya, Disperindagkop UKM Kota Tangerang baru saja terlibat dalam Trade Expo Indonesia 2023 yang diadakan Kementerian Perdagangan di ICE BSD, Tangerang, pada 18 Oktober – 22 Oktober 18 Desember 2023 mendatang. (mts)


Sumber berita : https://www.tangerangkota.go.id/berita/detail/38099/nilai-transaksi-ekspor-kota-tangerang-stabil-setiap-tahunnya